Home Profil Widget

Selasa, 05 Februari 2013

HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER


HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

Peristiwa 10 november merupakan peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana para pemuda Surabaya berjuang melawan sekutu
Peristiwa ini disebabkan akibat tewasnya malaby, pada tanggal 9 november 1945.inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi ancaman bahwa pihak inggris akan menggepur  kota Surabaya dari darat, laut, dan udara Apabila orang orang Indonesia tidak mematuhi ultimatum itu, namun rakyat Surabaya justru siap siaga pertahanan  dalam kota. Dan akhirnya pertempuran Surabaya pecah pada tanggal 10 november 1945 dan ribuan orang menjadi korban.
Hingga saat ini bangsa Indonesia masih tetap memperingati 10 november sebagai hari pahlawan untuk megenang dan memberi penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan NKRI. Adapun wujud dari penghormatan itu ialah dengan melaksanakan upacara bendera, dan meminta seluruh rakyat Indonesia untuk mengheningkan cipta selama 60 detik secara serentak .
Namun kenyataannya tidak semua rakyat Indonesia yang  melaksanakan hal tersebut dan Hanya sebagian dari mereka yang  ikut berpartisipasi dalam memperingati hari pahlawan, lalu dimanakah jiwa patrotisme  sebagian lainnya? Masihkah rakyat Indonesia dapat menghargai apa yang telah diperjuangkan pahlawan tanah air?
Menurut pandangan saya  TIDAK, rakyat Indonesia terutama para pemuda Indonesia cenderung lebih senang menikmati  perkembangan tekhnologi, dan dengan adanya perkembangan teknologi segala situs2 pornografi dapat diakses dengan mudah yang akhirnya dapat merusak  moral bangsa. Dan tanpa disadari pada saat ini Indonesia telah kembali dijajah secara nonfisik yang tidak diketahui secara kasat mata, bangsa Indonesia telah dihipnotis oleh pihak-pihak tertentu yang memiliki kepentingan. Banyak masyarakat Indonesia tidak sadar bahwa dirinya dalam kondisi terjajah secara terstruktur dan telah terjebak dalam arus dunia.  
Lalu apakah yang sebaiknya saat ini kita lakukan? Haruskah kita cuek, acuh, dan tak mau perduli? Dimanakah jiwa social bangsa yang dahulu dimiliki oleh para pendahulu? Tak ada kah rasa itu muncul kembali didalam kehidupan para pemuda saat ini?
Sebenarnya, banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai wujud rasa menghargai jasa para pahlawan kita. Hal sederhana adalah sepeti dalam kehidupan sehari hari para pelajar. Mengikuti upacara bendera yang berlangsung kurang lebih 30 menit saja, sebagian pelajar mengeluh, entah karena panasnya matahari, bosan mendengarkan amanat dari Pembina upacara, dan sebagian hal lainnya. Saya rasa itu semua tidak sebanding dengan lelahnya, rumitnya, dan kerasnya perjuangan para pahlawan Indonesia. Dengan mengikuti upacara bendera dengan hikmat, khusuk, dan serius saja sudah cukup mencerminkan rasa patriotisme dan rasa menghargai para pejuang Indonesia.
Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam hidup kita sehari-hari. Sederhana, namun sangatlah berarti. Tak perlu merasa sulit, dan tidak rumit. Tidak perlu mengeluarkan keringat dan darah yang bercucuran. Hanya dengan sikap bertanggung jawab, toleransi, mau menghargai, giat belajar, pantang putus asa,.

0 komentar:

To Use A Smiley In Your Comment, Simply Add The Characters Beside Your Choosen Smiley To The Comment: :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates